JIKA IMAM SHOLAT SAMBIL DUDUK, APAKAH MAKMUM IKUT DUDUK PULA?

Alhamdulillah Wa Sholatu Wa Salamu Ala Rosulillah. Amma Ba'du

Telah Kami Jelaskan Bahwa Sholat di Belakang Imam Yang terkena Udzur Maka Sholat kita Tetap Sah.

 Yang Menjadi Pembahasan Adalah Bagaimana Jika Para Makmum Sholat Sambil Berdiri, Sementara Imam Sholat Sambil Duduk, Apakah Makmum Harus Ikut duduk Pula?

Dalam Hal ini Ada 2 Pendapat di Kalangan Ulama Terkait Ini.

1. Wajib  Untuk Makmum Sholat Duduk, Sebagaimana Imam Sholat, ini Adalah Pendapat Mazhab Imam Ahmad, Ishaq, Al Auzaa'i, Ibu Munzir, Daud, Ibnu Hamz, Berdasarkan Hadist Dari Rosulullah Sholallahu Alaihi Wa Sallam :"... Jika Imam Sholat Sambil Duduk, Hendaklah Kalian Sholat Dengan Duduk Pula" (Hr Al Bukhori 677, Muslim 412).

2. Hendaknya Jama'ah Tetap Sholat dengan Berdiri Meskipun Sang Imam Sholat dengan Duduk. Ini adalah Pendapat Mayoritas Ulama di Antaranya Adalah Imam Abu Hanifah dan Imam Syafi'i. Beliau Berdalil dengan Hadist Riwayat Al Bukhori 678, Muslim 418 yang Menyebutkan Bahwa Abu Bakar  Pernah Memimpin  Sholat Sambil Berdiri dengan Para Sahabat, Kemudian Rosulullah Datang Sholat Sambil Duduk.

Penulis (Kitab) Memilih Pendapat, jika Imam Sedang Udzur maka Lihatlah Bagaimana Imam Sholat, Jika Imam Mulai dengan Berdiri, hendaknya Makmum berdiri, kita Imam Memulai Sholat Duduk, maka Makmum Duduk. Kasusnya Bagaimana jika Di Awal Berdiri Pertengahan Sholat Imam Duduk? Apa yang harus dilakukan Makmum? Berdasarkan Dhohir Hadist, Hendaknya Makmum Ikut Duduk Bersama Imam. Wallahu A'lam Bis Showab.

(Shohih Fiqih Sunnah Wa Adhilatuhu 1 /550-553)

KESIMPULAN

1. Jika Imam Duduk, maka Lebih lebih Baik Kita Ikut Sholat Dengan Duduk, baik di Mulai di Awal Sholat Maupun di Pertengahan nya.

2. Saling Menghormati Perbedaan Pada Perkara Khilafiyah adalah Mulia.

#Fiqih_Untuk_Pemula
#Komunitas_Pecinta_Ilmu
#MADINA

Jati Agung, 15 November 2017
Pembina Grup FUP dan KPI

Nur Ahmad, S.Pd.I



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JIKA IMAM SHOLAT SAMBIL DUDUK, APAKAH MAKMUM IKUT DUDUK PULA?"

Post a Comment