Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Seseorang Sudah Dipastikan Meninggal?


1. Memejamkan kedua Mata
Ummu Salamah ia berkata; "Ketika Abu Salamah meninggal, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam datang ke rumah kami untuk menjenguk jenazahnya. Saat itu, mata Abu Salamah tengah terbeliak, maka beliau pun menutupnya".
( Hr Muslim 920, Abu Daud 3102 )

2. Mendoakannya 
Setelah Menutup Mata Abu Salamah, Beliau bersabda;
"Apabila ruh telah dicabut, maka penglihatan akan mengikutinya dan keluarganya pun meratap hiteris. Dan janganlah sekali-kali mendo'akan atas diri kalian kecuali kebaikan, sebab ketika itu malaikat akan mengaminkan apa yang kalian ucapkan."
( Hr Muslim 920, Abu Daud 3102 )

3.  Menutup seluruh Tubuhnya dengan Kain
"Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika meninggal dunia jasad beliau ditutup dengan pakaian bergaris ala Yaman"
( Hr Al Bukhori 1241, Muslim 944 )

4. Segera Mengurus dan Menguburkannya
dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda:
"Segerakanlah penguburan jenazah, karena jika ia adalah seorang yang shalih (mungkin ia akan berkata) segeralah mengantarkannya pada kebaikan. Tetapi, jika ia tidak termasuk orang yang shalih, maka berarti kalian mempercepat meletakkan keburukan dari pundak-pundak kalian."
( Hr Al Bukhori 1315, Muslim 944 )

5. Segera Melunasi Hutang-Hutang nya
dari Salamah bin Al Akwa' dia berkata;
"Seorang jenazah pernah dibawa kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam", lalu mereka berkata; "Wahai Nabi Allah, shalatilah ia." Beliau bertanya: 'Apakah ia meninggalkan sesuatu? ' mereka menjawab; "tidak." Beliau bersabda: 'Shalatilah shahabat kalian.' Seorang laki-laki Anshar yang bernama Abu Qatadah berkata; 'Shalatilah ia dan utangnya menjadi tanggunganku.' Lalu beliau menshalatinya."
( Hr Al Bukhori 2291, An Nasa'i 1961)

( Fiqhus Sunnah Lin Nisaa hal 293-294 )


Ust. Nur Ahmad, S.Pd.I 
Pembina Grup FUP Dan Da'i MADINA LAMPUNG

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Seseorang Sudah Dipastikan Meninggal?"

Post a Comment